Photobucket

Kamis, 25 Februari 2010

Long Weekend... Mau Kemana Niiiih???

Wah.. besok long weekend nih, Jum'at nya tanggal merah, Maulud Nabi Muhammad SAW. Asyik bisa jalan2 ma ayah n Aqeel... udah lama juga kita g jalan bareng, coz gerobaknya masuk pesantren cukup lama hi..hi.. ( bengkel maksudnya ). Taun 2010 emang banyak tuh hari Jum'at yang libur, banyak juga yang HarPitNas alias Hari Kejepit Nasional. Bagi karyawan2 yang rodo "bandel" biasa tuh ditabrak aja liburnya biar tambah lama. Tapiiii itu g berlaku bagi suamiku yang disiplin banget kalo masalah kerjaan mah. Boro2 HarPitNas, sabtu-minggu aja kalo ada instruksi kerja ya tetep masuk kantor meskipun hujan dor dar gledek ( lebay.com dah!! ). Two Thumbs up deh buat My Hubby, semoga etos kerjanya menular ke aku n Aqeel he..he..

Back to Our Holiday.... Mau kemana ya.... Ada yang ngajakin "ke Taman Safari aja yuk!!" wah pengen sih,apalagi nginep, Aqeel pasti heppy banget kalo diajak kesana. Tapi.... setelah dipiki piki kayaknya gak dulu ah!! ini akhir bulan bo!!! PNS belom pada gajian, yang swata sih udeh.. Uang bulanan yang tersisa kayaknya g cukup buat liburan ke Taman Safari ( he..he.. maklum kita belom bisa nabung buat dana liburan khusus )
Trus kemana dooong?? hi..hi... jadi bingung sendiri.. ntar aja nunggu ayah dateng, jadi bisa diobrolin dulu nih.

Ngomong2 soal liburan.. ada baiknya kalo kita mempersiapkan segala hal, segala keperluannya, apalagi yang punya anak kecil kaya kita nih ibu2 mude ( he..he.. centil amat ya..) jangan sampe disana kita ribet karena ada yang ketinggalan yang akhirnya bikin liburan kita brantakan n gak enjoy, gak banget deh!!



1. Itung...Itung...Itung...
Rencanakan kemana kita mau pergi nih... Idealnya sih dari jauh2 hari.. jangan sampe bingung kaya contoh diatas ya... hi..hi...Apalagi kalo liburannya jauh, ke luar negeri atau ke luar kota. Jangan sampe kehabisan tiket pesawat atau kereta api, bisa gigit jari kita ntar. Perencanaan tempat biasanya paling didasarkan pada berapa budget yang kita punya dan akan kita keluarkan untuk liburan. Memang seharusnya kita punya tabungan khusus buat liburan ya... Tapi kalo belom ada g pa2 lah... yang penting bisa seneng2 dengan budget yang terbatas.
Tulis biaya yang akan dikeluarkan, ongkos bensin, penginapan, makan, tiket masuk tempat wisata, oleh2 dan cindera mata sampe kebutuhan yang tidak terencana dan itu biasanya yang paling banyak menelan biaya he..he.. Dengan kreativitas dan perencanaan pengeluaran kita bisa menghemat budget yang kita anggarkan.

2. Persiapan Fisik Keluarga
Sebelum berangkat, pastikan dulu kondisi kesehatan keluarga, suami anak dan kita sendiri. Kalo ada salah satu yang sakit, atau dalam masa penyembuhan atau menunjukan tanda2 akan sakit wah mendingan di cancel dulu aja deh liburannya. Daripada disana ntar malah tambah parah sakitnya karena kecapean. Kalo kita punya baby dan merencanakan akan berlibur ke tempat yang agak jauh, akan lebih baik bila kita memeriksakan kesehatannya dahulu ke dokter. Perhatikan juga jadwal imunisasinya, bertubrukan tidak dengan rencana liburan kita.

3. Perhatikan Kondisi Daerah Tujuan
Nah, yang satu ini juga g boleh diremehin, kondisi lingkungan dan iklim daerah tujuan pun harus kita perhatikan. Apa di daerah tersebut tidak sedang terjangkit penyakit menular, atau lokasi wisata nya bersih atau tidak, cocok tidak untuk tempat berlibur anak ( kalo cuma suami-istri kemana pun jadi suiittt suiiit ). Misal anak kita alergi dingin, g cocok dong kalo kita ajak liburan ke Puncak atau Kebun Teh. Atau bila gelombang laut sedang tidak bersahabat, hindari dulu untuk berlibur ke daerah pantai.
Perhatikan juga bila sedang musim hujan seperti sekarang, jangan sampe kita basah kuyup kehujanan ketika sedang menikmati liburan.

4. Bawa Perlengkapan Penting

  • Baju dan kawan2nya seperti sepatu, sandal, handuk, alat mandi, jaket, topi,kaca mata, baju renang bila kita ingin berenang ( ya iya laaaahhh!! wkwkwk ). Bagi yang punya baby, jangan lupa bawa stroller ya..
  • Obat pribadi saat keadaan darurat ( seperti obat penurun panas, obat alergi, obat batuk, pilek, diare dan gatal 2 merupakan prioritas ). Bawa juga perlengkapan P3K seperti Betadine, band Aid, perban kecil. Oh ya.. kalo aku sih g pernah lupa bawa Kayu Putih dan Tolak Angin, soalnya gampang banget masuk angin!! Dan satu lagi... obat Mag, bisa kacau urusannya kalo obat yang satu itu ketinggalan.
  • Cemilan. Nah urusan perut jangan sampe kelewat. Cemilan buat teman di perjalanan, daripada kita beli di jalan, biasanya akan lebih mahal dan kurang praktis. Sebaiknya kita sudah menyiapkannya dari rumah.

5. Buat Jadwal
Kalo liburan kita terhitung lama, 3 hari an sampe seminggu misalnya ( waaah itu sih long long long weekend! wkwkwk ) g da salahnya kalo kita menyusun acara, apalagi kalo kita punya balita. Jangan sampai anak kita kelelahan karena terlalu banyak tempat yang dikunjungi, perhatikan jadwal makannya, waktu istirahat dan tidur si anak.

Jangan lupa untuk memberitahu si kecil bahwa kita akan mengajaknya liburan ke suatu tempat, bangunkan minat dia, ceritakan betapa menariknya liburan yang akan kita lewati. Dan kita akan melihat binar-binar kegembiraan di wajah si kecil.

Berlibur berarti me-recharge kembali energi kita dan melepas kepenatan dari aktivitas dan kerja kita setiap hari. Berlibur akan membangunkan energi positif, menambah keharmonisan dan kekompakan keluarga. Jadi persiapkan segala sesuatunya sematang mungkin. Dan setelah itu................................
HAPPY HOLIDAYS!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar